Ilmu Kesehatan Anak

Departemen Ilmu Kesehatan Anak berdiri pada tanggal 10 bulan Maret tahun 1980 dengan Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.076/U/1980.

Visi

:

Pada tahun 2010 terbina komunitas spesialis anak dengan kemampuan profesional bertaraf internasional dan mampu berperan aktif dalam tercapainya hak dan perlindungan anak di Indonesia dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya untuk membentuk masyarakat madani dalam wadah bangsa yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

Misi

:

1. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan terus menerus dalam bidang kesehatan anak dengan kapasitas global;

2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dasar, klinis dan lapangan yang berkaitan dengan kesehatan anak;

3. Menjadi pemuka dalam pengembangan pelayanan kesehatan anak di semua tingkat dengan profesionalisme yang tinggi.

4. Turut membina kiprah profesional termasuk memberikan nasehat, perlindungan hukum dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

Ketua Departemen

:

dr. Supriatmo, Sp.A(K)

Sekretaris Departemen

:

dr. Tri Faranita, M.Ked (Ped), SpA

Ketua Program Studi

:

dr. Selvi Nafianti, M.Ked (Ped), SpA

Sekretaris Program Studi

:

dr. Karina Sugih Arto, M.Ked (Ped), SpA(K)

Lama Pendidikan

:

8 Semester Maksimal 12 Semester

Tahap Pendidikan

:

Kurikulum yang lentur dan dengan kaidah-kaidah pendekatan universal pendidikan tinggi bidang keprofesian (higher education) seperti student centered learning, problem solving oriented learning, integrated teaching, community oriented learning, elective posting, self-directed learning dapat menjadi pedoman.

Pendidikan dokter spesialis anak merupakan perpaduan pendidikan spesialis dan pendidikan magister yang akan menghasilkan seorang Dokter Spesialis dan Magister Ilmu Kedokteran dengan kompetensi akademis berupa penguasaan falsafah ilmu, metodologi penelitian, biostatistika dan ilmu kedokteran dasar.