PERSYARATAN SELEKSI PENERIMAAN CALON PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS (PPDS) DAN MAGISTER KEDOKTERAN KLINIK (MKK) DALAM RANGKA KEWASPADAAN DAN PENCEGAHAN PENYEBARAN INFEKSI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

I. Umum

  1. Surat Permohonan di atas kertas bermaterai Rp. 10.000,-
  2. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk.
  3. Pas foto berwarna ukuran 4x6 cm.
  4. Batas usia maksimal 35 tahun sewaktu mengikuti seleksi, kecuali program studi: Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Patologi Anatomik dan Patologi Klinik batas usia maksimal 40 tahun.
  5. Surat Pernyataan sudah/ belum pernah mengikuti seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis dan Magister Kedokteran Klinik ditanda tangani di atas kertas bermaterai Rp. 10.000,-
  6. Daftar Riwayat Hidup/ Pekerjaan model BKN tahun 2002.
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  8. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Dokter (S.Ked) dan Pendidikan Profesi Dokter (dr.) yang dilegalisir.
  9. Persyaratan IPK, Akreditasi, Batas Maksimal mengikuti seleksi PPDS, Umur dan TOEFL tertera pada tabel berikut ini:
NO PROGRAM STUDI IPK
GABUNGAN
S.KED DAN
PROFESI
AKREDITASI BATAS
MAKSIMAL
MENGIKUTI
SELEKSI PPDS
UMUR
(TAHUN)
TOEFL
1 Ilmu Kesehatan Anak 2,75 A,B 3 (tiga) kali <35 450
1 Obstetri dan Ginekologi
≥ 2,75 A,B 2 (dua) kali <35 450
2 T.H.T.K.L. 2,50 A,B 2 (dua) kali <35 450
3 Anestesiologi dan Terapi Intensif ≥ 2,75
A,B 2 (dua) kali <35 450
4 Orthopaedi & Traumatologi 2,75 A,B 2 (dua) kali <35 450
6 Ilmu Kesehatan Mata 2,75 A,B 3 (tiga) kali <35 450
7 Psikiatri 2,5 A,B 3 (tiga) kali <35 450
8 Dermatologi & Venereologi 2,75 A,B Tidak terbatas
<35 450
9 Patologi Anatomik 2,50 A,B,C 3 (tiga) kali <40 450
10 Ilmu Penyakit Dalam 2,75 A,B 3 (tiga) kali
<35 450


11


Ilmu Bedah
>3,00 A

Tidak terbatas


<35


450
>2,75 B
>2,50 C


12


Pulmonologi & Kedokteran Respirasi
>3,00 C

Tidak terbatas


<35


450
>2,75 B
>2,50 A
13 Neurologi 2,75 A,B 3 (tiga) kali <35 450


14


Patologi Klinik
3,00 C

5 (lima) kali


<40


450
2,75 B
2,50 A
15 Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah 2,75 A,B 3 (tiga) kali
<35 450
16 Ilmu Bedah Saraf 2,75 A,B Tidak terbatas <35 450
17 Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal 2,75 A,B Tidak terbatas <40 450
18 Radiologi 2,75 A 2 (dua) kali <35 450

10.Membuat surat pernyataan yang isinya menyatakan bahwa calon peserta PPDS belum pernahmengikuti seleksi penerimaan PPDS sesuai dengan jumlah yang tersebut pada poin 9 datas.

11. Pemeriksaan Kesehatan di RS USU / RS Pemerintah Minimal Kelas C, meliputi:

  • Pemeriksaan fisik (tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh dan tekanan darah).
  • Pemeriksaan laboratorium (urin dan darah lengkap).
  • Tes fungsi hati (SGOT, SGPT, Billirubin).
  • Tes fungsi ginjal (Ureum, kreatinin).
  • Kadar gula darah puasa dan 2 jam pp.
  • Profil lipid (HDL, LDL, Trigliserida, Total Kolesterol).
  • Pemeriksaan hepatitis (HBsAg).
  • Pemeriksaan EKG.
  • Pemeriksaan foto toraks (hasil baca foto thoraks).
  • Pemeriksaan mata (buta warna, visus kanan dan kiri).
  • Pemeriksaan telinga hidung dan tenggorok.
  • Pemeriksaan narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya (6 tes kit terdiri dari: Tetra Hydro Cannabinol/ Ganja/ Marijuana, Methamphetamine, Amphetamine, Morphine, Benzodiazepine, Coccaine).

Khusus untuk pemeriksaan Kesehatan di RS USU dilaksanakan pada tanggal 6-10 Juni 2022 Link pendaftaran

12. Test of English as Foreign Language (TOEFL) dari Pusat Bahasa USU:

  • Masa berlaku Sertifikat TOEFL Prediction Pusat Bahasa 1 Tahun dari tanggal tes.
  • Masa berlaku Sertifikat TOEFL ITP Pusat Bahasa 2 Tahun dari tanggal tes.

Jadwal Ujian TOEFL ITP klik disini
Helpdesk: 085206611650

13. Tidak menerima konversi Indeks Prestasi.

14. Referensi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) 1 (satu) lembar dan fotokopi Kartu Keanggotaan IDI.

15. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) atau tanda terima pembuatan STR dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

16. Biaya seleksi ditanggung oleh peserta.

17. Format dokumen poin 1, 5, 6 dan 10 dapat dilihat di menu (CONTOH DOKUMEN)

A. Syarat Khusus

1. Bagi Dokter PNS, TNI dan POLRI

a. Surat Pengangkatan dari Instansi Induk:

    • SK Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS)
    • SK Pangkat Terakhir

b. Surat Izin dari Atasan Langsung

2. Bagi Dokter Pasca Intership/ PTT/ Wajib Kerja Sarjana.

  • Surat Keputusan Selesai melaksanakan Intership/ PTT/ Wajib Kerja Sarjana dari Kepala Dinas Kesehatan setempat.

3. Bagi Dokter Tugas Belajar menyerahkan berkas dari Kementerian terkait.

4. Khusus bagi calon peserta PPDS yang akan mengikuti seleksi di Program Studi:

  • Obstetri dan Ginekologi wajib melampirkan sertifikat pernah mengikuti pelatihan Advance Trauma Life Support (ATLS) dan Advance Cardiac Life Support (ACLS), serta surat keterangan bebas hepatitis B, hepatitis C dan HIV dari rumah sakit pemerintah setempat minimal 3 (tiga) bulan terakhir.
  • Ilmu Kesehatan Mata wajib melampirkan surat keterangan dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK USU yang menyatakan tidak ada kelainan fungsi dan anatomi bola mata, binocular vision yang baik, BCVA>6/18, tekanan intra ocular yang normal serta lapang pandangan yang baik.
  • Penyakit Jantung & Pembuluh Darah wajib melampirkan sertifikat pernah mengikuti pelatihan Advance Cardiac Life Support (ACLS) dan Elektrokardiogram (EKG).
  • Khusus bagi calon peserta PPDS yang akan mengikuti seleksi di Program Studi Ilmu Kesehatan Anak untuk dapat nilai tambahan bagi yang melampirkan:

a. Sertifikat Advanced Pediatric Resuscitation Course (APRC)
b. Sertifikat Resusitasi Neonatus

c. Sertifikat Pelatihan Vaksinologi

d. Sertifikat Vaksin COVID-19

e. Surat keterangan bebas Hepatitis A, B, C, dan HIV dari Rumah Sakit pemerintah setempat minimal 3 (tiga) bulan terakhir

  • Khusus bagi calon peserta PPDS yang akan mengikuti seleksi di Program Studi Ilmu Bedah untuk dapat nilai tambahan bagi yang melampirkan sertifikat Advance Trauma Life Support (ATLS) dan Basic Surgical Skills For General Physicians (BSS F GP).
  • Khusus bagi calon peserta PPDS yang akan mengikuti seleksi di Program Studi Radiologi, tidak dalam kondisi hamil dan tidak boleh hamil dalam 1 tahun pertama pendidikan.

B. Seleksi ujian

Calon peserta PPDS yang telah dinyatakan lolos seleksi adminitrasi oleh TKP PPDS sesuai ketentuan diatas, dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya:

1. Psikotes dari Fakultas Psikologi USU secara luring.

2. Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dari Fakultas Kedokteran USU secara luring.

3. Ujian Computer Based Test (CBT) dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran USU secara luring.

4. Ujian tulisan, ujian lisan/wawancara secara daring di masing-masing Program Studi Spesialis terkait secara luring.

5. Hasil Psikotes, MMPI, dan Pemeriksaan Kesehatan dikirimkan ke masing-masing Program Studi sebelum ujian tulis dan ujian lisan untuk menjadi pertimbangan bagi Program Studi terkait dalam menentukan kelulusan calon peserta PPDS.

6. Pada setiap tahapan seleksi ataupun telah dinyatakan lulus seleksi, apabila dijumpai kecurangan pada proses pemberkasan dan proses ujian seleksi PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara maka peserta seleksi akan di diskualifikasi
dan dibatalkan kelulusannya.

C. Kriteria Lulus

Seorang calon peserta PPDS dinyatakan lulus bila:

1. Pemeriksaan Kesehatan yang menyatakan bahwa calon peserta tidak mengalami suatu gangguan kondisi medik umum/ penyakit fisik yang akan menghambat dirinya dalam menjalani proses pendidikan, bebas narkoba dan tidak menderita buta
warna.

2. Lulus ujian seleksi di masing-masing program studi spesialis terkait.

Bagi peserta didik yang sudah lulus seleksi tidak diizinkan mengundurkan diri selama 1 tahun dari awal pendidikan, jika mengundurkan diri pada 1 tahun awal pendidikan maka tidak bisa mendaftar di Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara lainnya selama 1 tahun berikutnya.

D. Status Kepegawaian dan Tempat Kerja Calon Peserta PPDS

Status kepegawaian dan tempat kerja calon dinyatakan dalam surat lamaran menjadi calon peserta PPDS. Calon peserta dapat berasal dari:

  1. Kementrian Kesehatan.
  2. Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  3. TNI/ POLRI.
  4. Instansi Pemerintah lainnya.
  5. Pasca PTT/ Intership/ DLP.
  6. Instansi Swasta.
  7. Perorangan.

    NB: 1. Semua informasi akan dikirim melalui Email dan nomor Hp (Whatsapp), diharapkan calon peserta PPDS mencantumkan alamat email dan nomor Whatsapp yang valid.
    2. HARDCOPY BERKAS RANGKAP 4 (EMPAT).