Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

Departemen ini berdiri pada tanggal 10 bulan Maret tahun 1980 dengan Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.076/U/1980.

Visi

:

Menjadi pusat unggulan pendidikan, penelitian, pelayanan medik dibidang Ilmu Kedokteran Respirasi yang bermutu, nasional pada tahun 2015.

Misi

:

  • Menghasilkan sarjana kedokteran dan dokter spesialis serta tenaga kesehatan lainnya yang bermutu nasional dibidang ilmu dan teknologi Kedokteran Respirasi.
  • Menghasilkan riset yang berorientasi baik pada kebutuhan masyarakat maupun pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
  • Menyelenggarakan pelayanan rujukan resier dalam bidang kedokteran respirasi sebagai pusat rujukan nasional yang mampu bersaing secara global.
  • Berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan respirasi ditingkat lokal dan nasional.
  • Meningkatkan kemandirian dengan menggalang kemitraan ditingkat lokal, regional dan nasional.

Plt. Ketua Departemen

:

dr. Zainuddin Amir, M.Ked (Paru), SpP(K)

Plt. Sekretaris Departemen

:

dr. Pandiaman Pandia, M.Ked (Paru), SpP(K)

Ketua Program Studi

:

Dr. dr. Amira Permatasari, M.Ked (Paru), Sp.P

Sekretaris Program Studi

:

Dr. dr. Bintang Y.M. Sinaga, M.Ked (Paru), Sp.P

Lama Pendidikan

:

7 8 Semester

Tahap Pendidikan

:

Pertama :

Menjelaskan teori dasar pulmonologi serta pengetahuan klinik umum lainnya yang berhubungan dengan teori dasar tersebut, Menghayati secara kritis-analitis dan rasional ilmiah teori dasar tersebut. Melakukan pemeriksaan dan menegakkan diagnosis kasus pulmonologi. melakukan tindakan invasif sederhana untuk diagnostik dan terapi. Menangani kasus darurat gawat umum dan darurat gawat napas. Mengelola dan menyajikan kasus dalam konferensi ilmiah intern. Menulis makalah untuk disajikan dalam konfrensi ilmiah intern.

Kedua :

Menjelaskan teori klinik pulmonologi dan cara diagnosis radiologik, laboratorik, bronkospik, faal paru dan tindakan lainnya. Menghayati, secara kritis-analitis dan rasional-ilmiah, teori tersebut dengan menggunakan fasilitas perpustakaan. Menggunakan alat-alat diagnostik paru. Menangani kasus gawat darurat napas. Mampu melakukan pengelolaan pra dan pascabedah paru. Menyusun dan menyajikan kasus dalam konferensi ilmiah didalam dan diluar Bagian Pulmonoogi FK-USU. Menulis makalah ilmiah yang dapat diajukan pada konferensi ilmiah diluar Bagian Pulmonologi atau dipublikasikan dalam majalah ilmiah. Mengenal keadaan atau penyakit diluar paru, yang bermanifestasi di paru, atau sebaliknya berhubungan kelainan atau penyakit paru.

Ketiga :

menjelaskan teori klinik khusus dalam bidang infeksi paru, onkologi paru, asma dan immunologi, gawat napas, paru kerja, penyakit obstruksi saluran napas serta menerapkan dalam masyarakat dan mengenal beberapa aspek psikomatik dan medikolegal. menggunakan alat-alat diagnostik penyakit paru secara mandiri. membaca CT Scanning, menentukan indikasi radioterapi, membaca EKG serta menangani kasus-kasus kardiologi yang sering didapat. merawat anak dengan penyakit paru. mengelola penderita penyakit paru secara berobat jalan. melakukan perawatan intensif pada gawat napas. menyusun dan mengajukan usulan penelitian didalam dan diluar Bagian Pulmonologi FK-USU. menyusun dan mengajukan hasil penelitian didalam dan diluar Bagian Pulmonologi FK-USU.

Keempat :

menunjukkan sikap dan sifat pribadi yang baik, yang diperlukan oleh profesi Dokter Paru. Mampu menerangkan pengetahuan pulmonologi di masyarakat, diluar rumah sakit. Mampu melakukan penelitian sampai selesai serta menyusun dan mengajukan tesis sebagai hasil penelitiannya dihadapan forum ilmiah.