Proses Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan dengan menggunakan formulir yang dikeluarkan oleh Sekretaris Bersama Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Sesuai dengan asal dan status kepegawaian calon peserta. Alur proses pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Proses seleksi calon peserta PPDS dilakukan oleh TKP PPDS dengan berpedoman pada peraturan dan kebijakan yang berlaku, serta memperhatikan kaidah-kaidah PPDS sebagai pendidikan profesi berkelanjutan yang bersifat akademik-profesional. Dalam hal-hal tertentu dapat dimintakan pendapat/ pandangan Forum Pertimbangan PPDS dan Forum Pengembangan dan Pembinaan PPDS yang merupakan forum koordinasi yang terdiri atas unsur-unsur Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi/ Konsorsium, Direktorat Jendral Pelayanan Medis dan Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan, Majelis Dokter Spesialis/ IDI.
  2. Seleksi dilakukan melalui 2 tahap yaitu praseleksi dan seleksi.
  3. Praseleksi dilakukan oleh TKP PPDS, bertujuan untuk menentukan calon yang akan dipanggil untuk seleksi. Praseleksi dilakukan dengan korespondensi melalui surat lamaran yang berisikan kelengkapan sesuai dengan ketentuan Surat Keputusan Rektor USU yang berlaku.
  4. Calon peserta hanya dapat mengajukan 1 (satu) pilihan program studi saja.
  5. Seleksi dilakukan dengan cara tulisan dan wawancara
  6. Psikotes dilakukan oleh Fakultas Psikologi USU, dan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dilaksanakan oleh Departemen Kedokteran Jiwa FK USU melalui TKP PPDS sedang seleksi program studi pilihan dilakukan di program studi masing-masing.
  7. Seleksi dilaksanakan oleh TKP PPDS bersama-sama dengan KPS terkait dan staf pengajar program studi terkait.